Rabu, 14 Juli 2010

liburan?? belajar masak!

oh ya gw baru inget mau posting apa...selama liburan ini gw belajar masak loooh
gw jd suka bereksperimen sm bahan2 makanan yg ada drmh, biasanya sih yg berhubungan sama tempe, soalnya gw dan keluarga gw sukaaaa banget sm tempe..

ini daftar masakan yg gw bikin selama liburan..
> tempe tepung (terlalu mudah!..hahah..sotoy!)
> tempe rebus kunyit
> ati ayam asem garem
> sayur asem
> tempe bacem
> telor tahu
> dll


naaah ini makanan yang mau gw bikin...nih gw kasih resep sm cara buatnya..
>> TELUR DADAR TEMPE <<
bahan:
* 4 butir telur
* 100 gram tempe, dikukus, ditumbuk halus
* 3 buah cabai merah, diiris halus
* 1 tangkai daun seledri, diiris halus
* 1 batang daun bawang, diiris halus
* 3 siung bawang putih, dicincang halus
* 1/2 buah bawang bombay, dicincang halus
* 3/4 sendok teh garam
* 1/4 sendok teh merica bubuk
* 1 sendok teh saus cabai
* 1 sendok makan margarin untuk menumis
cara membuat :
1. Panaskan margarin. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Angkat dan sisihkan.
2. Kocok lepas telur. Masukkan tumisan bawang putih, tempe, cabai rawit merah, daun seledri, daun bawang, garam, dan merica bubuk. Aduk rata.
3. Tambahkan saus cabai. Aduk rata.
4. Panaskan 1 sendok makan margarin. Masukkan campuran telur. Aduk-aduk sebentar. Tutup. Biarkan sampai matang.

#Untuk 8 porsi



>> KANGKUNG BUMBU TERIYAKI <<
bahan:
a. 2 ikat kangkung, siangi

b. 10 buah baso, potong-potong

c. 10 butir telur puyuh, rebus

d. 1 buah tomat, potong-potong

e. 3 siung bawang putih, cincang

f. 2 buah cabai merah besar, iris serong, buang biji

g. ¼ sendok teh garam

h. 2 sendok makan saus teriyaki

i. ½ sendok teh tepung maizena, larutkan dengan 2 sendok teh air

j. 200 cc air

k. Minyak goreng secukupnya

cara membuat:
1. Tumis bawang putih hingga harum, tambahkan cabai merah. Masukkan baso, telur puyuh, tomat, garam, saus teriyaki. Aduk rata.

2. Tuang air, masak hingga mendidih. Masukkan kangkung, aduk rata. Kentalkan dengan larutan tepung maizena, masak hingga matang, angkat.

3. Hidangkan.

#Untuk 3 porsi


....
nah itu tuh masakan yang mau gw coba...hmmm pengen nyoba yg lain sih, tp nanti deh..itu aja duluuu :D

btw sebenernya masak itu gampang kok, yg penting harus kenal bumbu-bumbuan..karna bumbu2 itu yg bikin masakan kita jd enak..

oke lah..semoga bisa dicoba dirumah yaaaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar